8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah

8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah - Salam sukses buat anda sekalian, selamat datang di blog TUKANG TAMAN LAMONGAN, Sebagai media informasi dan edukasi tentang berbagai tanaman hias dan bunga yang ada di Indonesia. Mungkin anda membutuh referensi tentang 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah, yang anda butuhkan pada saat ini, Sehingga dapat menambah wawasan anda tentang Artikel Tips Tanaman, Dengan harapan tulisan artikel kami ini bisa bermanfaat bagi anda. Silahkan anda lanjutkan untuk membacanya.

8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah

Tukang Taman Lamongan 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah

Jasa Tukang Taman Lamongan. Tentang Tips Cara agar buah nangka cepat berbuah, Buah Nangka hakekatnya berasal dari India dan via jalanan perdagangan selama sebagian abad disebarluaskan ke beraneka tempat lain di dunia termasuk Indonesia.

Dalam perkembangannya Buah Nangka mempunyai sebagian variasi diantaranya merupakan nangka bubur, Nangka Madu, Nangka Mini dan cempedak. dimana masing- masing mempunyai tingkat kemanisan dan juga ketebalan daging buah yang berbeda.
Baca juga 9 Jenis pohon Peneduh Taman Depan Rumah
Hampir seluruh komponen dari buah nangka berkhasiat bagi kehidupan kita. Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran. Tepung biji nangka diterapkan sebagai bahan baku industri makanan (bahan makan campuran). Daun buah nangka muda bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Kayu buah nangka diaplikasikan sebagai pembuatan meubel, konstruksi bangunan pembubutan, tiang kapal, dayung, perkakas & alat musik. Pohon nangka juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Dengan semua profit yang kita temukan dari buah nangka. Membudidayakan buah nangka sebagai komoditas ekonomi yang menguntungkan. Dalam membudidayakan tanaman buah nangka supaya pesat menciptakan buah bisa dilaksanakan dengan sebagian langkah berikut ini: pemilihan benih, Menyiapkan Lahan Tanam, Menanam Benih Pohon Nangka, Merawat Pohon Nangka.
sistem budidaya tanaman buah nangka

Berikut Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah Dari Jasa Tukang Taman Lamongan :

1. Iklim

Menurut kami Jasa Tukang Taman lamongan, Pohon nangka pantas tumbuh di tempat yg memilki curah hujan tahunan rata-rata 1.500-2.500 mm & musim keringnya tak terlalu keras. Nangka bisa tumbuh di tempat kering yakni di tempat-tempat yg memiliki bulan-bulan kering lebih dari 4 bulan

Cahaya sang surya betul-betul dibutuhkan nangka untuk mengasah fotosintesa & pertumbuhan, sebab pohon ini termasuk intoleran. Kekurangan cahaya sang surya bisa menyebabkan terganggunya penyusunan bunga & buah serta pertumbuhannya. Rata-rata temperatur udara minimum 16-21 derajat Celcius & temperatur udara maksimum 31- 31,5 derajat celcius. Kelembaban udara yg tinggi dibutuhkan untuk mengurangi penguapan.

Tukang Taman Lamongan 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah

Tukang Taman Lamongan 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah

2. Media Tanam

Pohon nangka dipelihara di pelbagai jenis tanah, melainkan lebih menyukai aluvial, tanah liat berpasir/liat berlempung yg dlm & beririgasi bagus. Biasanya tanah yang disukai yakni tanah yg gembur & agak berpasir. Pohon ini hidup pada tanah tandus hingga subur dengan keadaan respon tanah asam hingga alkalis. Malahan pada tanah gambutpun pohon ini bisa tumbuh & menjadikan buah.

Pohon nangka bendung kepada pH rendah (tanah masam) dengan pH 6,0-7,5, melainkan yg optimum pH 6-7. Kedalaman air tanah yg pantas bagi pertumbuhan nangka yakni 1-2 m atau antara 1-2.5 m. Sebab perakarannya betul-betul dalam, karenanya sebaiknya ditanam pada tanah yg cukup teball lapisan atasnya (kaprah-kaprah 1 m).

4. Pemilihan Benih

Menurut kami Jasa Tukang Taman lamongan, Pada Jenjang ini, Benih seharusnya berasal dari ragam atau varietas yg unggul (produksi tinggi, buah bermutu bagus, berumur panjang & bendung kepada hama & penyakit). Benih mesti sehat yg bisa diamati dari sosoknya yg kokoh, batangnya kuat, lurus & tumbuh tegak, percabangan banyak serta daun komponen atas berwarna hijau segar & mengkilap. Progres pemilihan benih lebih bagus memilih benih dari hasi cangkok, okulasi dan stek. sebab benih tanaman buah nangka variasi ini mempunyai keunggulan dengan lebih kencang berbuah.

5. Pengolahan Media Tanam

Unsur-elemen yg memberi pengaruh pertumbuhan tanaman nangka seperti gulma, genangan air, struktur serta pola tekstur tanah patut dibereskan/diatur. Hal yang perlu diamati dalam tingkatan penyaiapna media tanamn antara lain :

a. Penyusunan Bedengan
Ukuran bedengan bermacam namun lazimnya diaplikasikan antara 5 x1 m atau 10 x 1 m.
Bedengan membusur arah Utara ke Selatan & pinggirnya diperkuat dengan bambu, batu merah, atau kayu serta permukaannya ditinggikan 10-15 cm dari atas permukaan tanah. Antar bedengan berjarak 0,45 m & tiap 5-10 m bedengan diwujudkan jalan pemeriksaan sekitar 60-100 m. Saluran air diwujudkan sepanjang kiri kanan pemeriksaan.

Bedengan dikasih naungan dengan atap nipah atau sarlom. Komponen yg menghadap ke timur diciptakan lebih tinggi ketimbang yg menghadap ke Barat. Dalam bedengan dibentuk kantong-kantong plastik yg telah diisi media tumbuh & telah diberikan lobang-lobang kecil di komponen bawahnya. Media tumbuh yg diterapkan campuran tanah lapisan olah, pupuk organik, & pasir halus dengan perbandingan 2:1:1. Ukuran kantong plastik yg diterapkan 20 x 30 cm dengan tebal 0,08 mm & berwarna hitam.

b. Pengapuran
Seandainya pH tanah bersifat terlalu asam atau basa karenanya perlu dikerjakan sebagian upaya supaya nangka dapat tumbuh & memberikan hasil yg maksimal. Seandainya terlalu asam (pH<5) bisa ditambahkan kapur, seandainya terlalu basa (pH>7)dapat ditambahkan sulfur. Dosis yg digunakan tergantung pada keadaan tanahnya melainkan sebagai petunjuk 1 kg kapur atau sulfur untuk 1 m 3 lobang tanam.

c. Pemupukan
Pada lobang tanam, tanah hasil galian dicampur dengan pupuk sangkar 20 kg/lubang & dolomit 0,5 kg/lubang (untuk menaikkan pH). Tanah campuran ini dimasukkan ke lubang 2-3 pekan sebelum penanaman. Seminggu sebelum tanam kasihlah pupuk NPK (15-15-15) 100 gram ke dlm lubang penanaman.

Tukang Taman Lamongan 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah

Tukang Taman Lamongan 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah

6. Teknik Penanaman

a. Penentuan Pola Tanam
Pohon nangka yg dipelihara di kebun buah jarak tanamnya 8 - 12 m, dalam pola segi empat atau segi enam: kepadatan yang lazim yaitu 100-120 batang/ha. Jarak tanamnya antara lobang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m. 2) Pembuatan Lobang Tanam Lubang tanam dihasilkan dengan ukuran 0,5 x 0,5 x 0,5 m atau 1 x 1 x 0,5 m.

Pada dikala penggalian lubang tanam, tanah komponen atas dipisahkan dari tanah komponen bawah. Tanah komponen atas dicampur dengan pupuk sangkar yg telah matang sebanyak 20 kg per lubang.
Lubang tanah yg sudah digali diperkenankan terbuka selama 1-2 pekan, supaya mendapatkan cahaya sang surya sehingga teroksidasi dengan bagus.
Anda perlu tahu juga tentang 4 Cara Mudah Menanam Bunga Lavender
Untuk menghindari kendala tanah asam, tanah galian dicampur dengan dolomit/kapur pertanian sebanyak 0,5-1 kg per lubang tanam & tanah campuran ini dimasukkan ke dlm lubang 2-3 pekan sebelum penanaman.

Untuk tanah yg terlalu berat, kecuali pengolahan tanah bisa pula ditambahkan pasir sebanyak 0,5 kaleng per lubang. Seminggu sebelum tanam kasihlah NPK (15-15- 15) 100 gram ke dlm lubang penanamn bila perlu. Benih hasil semaian atau okulasi ditanam tegak & kokoh ke dlm tengah lubang penanaman. Jarak antara lubang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m.

b. Sistem Penanaman
Penanaman dikerjakan petang hari atau pagi hari pada awal musim penghujan yakni dikala curah hujan telah cukup merata. Benih ditanam pada lubang yang telah tersedia, tegak lurus. Sebelum benih ditanam, kantong plastik wajib dibuang. Seandainya penanaman dilaksanakan di luar musim penghujan atau sebab adanya kelainan iklim, adalah musim hujan tiba-tiba berubah menjadi kemarau lagi, karenanya benih yang sudah ditanam perlu disiram secara teratur.

c. Pembuatan Lubang pada Mulsa
Pemberian mulsa di sekitar pohon nangka amat perlu; terlebih pada dikala musim kemarau untuk meningkatkan kelembapan tanah. Tetapi pada musim hujan mulsa tak dibutuhkan sebab bisa mendatangkan serangan jamur. Mulsa juga bisa dimasukkan ke dlm tanah sebagai pupuk organi, pemberian dua kali per tahun sungguh-sungguh menolong pertumbuhan tanaman. Pemberian pupuk pabrik majemuk dijalankan di Malaysia dengan dosis 2-3 kg per pohon.

7. Pemeliharaan Tanaman

a. Penjarangan & Penyulaman
Penyulaman tanaman yang mati dilaksanakan pada ketika hujan masih turun di tahun pertama & tahun kedua.

b. Penyiangan
Penyiangan atau membebaskan tanaman dari serangan gulma atau tumbuhan pengganggu dijalankan dengan metode membersihkan gulma secara manual/kimia dari tanaman nangka dengan radius 1-2 m. Penguasaan gulma secara kimiawi memakai herbisida semisal Paracol 1,5 liter dlm 600 liter air per ha atau Roundup 2-3 liter dlm 800 liter air/ha. Penyiangan pertama dijalankan 1-2 bulan sesudah penanaman, berikutnya tiap-tiap 2-4 bulan dikerjakan selama 2-3 tahun. Penyiangan dikerjakan dengan metode manual atau kimiawi.

c. Pemupukan
Menurut kami Jasa Tukang Taman lamongan, Pemberian pupuk organik berupa pupuk sangkar atau pupuk kompos 1-2 kali setahun sebanyak 20 kg per tanaman. Pemberian pupuk anorganik dikerjakan satu pekan sesudah penanaman dengan dosis 100 gram NPK per tanaman.

Pemupukan kedua pada usia 6 bulan dengan dosis 150 gram NPK per tanaman.
Pemupukan ketiga dilaksanakan pada tanaman usia 12 bulan dengan dosis 200 gram per tanaman.
Pemupukan keempat pada usia 18 bulan dengan dosis 250 gram per tanaman
pemupukan kelima dijalankan pada tanaman usia 24 bulan dengan dosis 300 gram per tanaman. Berikutnya bagi tanaman yg telah berbunga pada lahan tak subur bisa ditambahkan pupuk organik 650 gram/pohon.

Untuk meningkatkan tanaman dibutuhkan tambahan pupuk daun guna menstimulasi penyusunan daun. Pemberian pupuk daun dilaksanakan selang 2 pekan hingga tanaman usia 17 bulan. Ragam pupuk daun yg dipakai Gandasil D/Bayfolan.

d. Pengairan & Penyiraman
Tanaman nangka memerlukan drainase yg bagus. Pengairan ini dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitasnya. Tanaman nangka mempunyai perakaran dalam, tak memerlukan penggenangan pada dikala musim kemarau sebab tanaman nangka kurang toleran kepada genangan. Akarnya masih kapabel meyerap air pada tanah yg dalam. Pemberian air tambahan dibutuhkan selama dua tahun pertama pertumbuhannya.

e. Pemeliharaan Lain
Pemangkasan dilaksanakan pada komponen tanaman yg tak subur & tak produktif.
Pemangkasan cabang dikerjakan kepada pohon nangka yg bertajuk rimbun supaya cahaya sang surya tak terhalangi sehingga menstimulus perbungaan.

Pemangkasan dikontrol pada penjarangan pucuk saat pohon mulai ditanam & sedikit pemotongan dahan-dahan yg mengandung buah supaya mempermudah menempuh buah untuk dibungkus & kemudian dipanen. Pemangkasan cabang ditujukan untuk membatasi pembuahan, sebab bunga betina timbul pada batang utama atau cabang primer.

Perangsangan pembungaan dikerjakan dengan sistem melukai, mengebor/mengikat batang. Tujuan perlakuan untuk menghalangi hasil asimilasi daun supaya tak meyebar ke segala komponen tanaman, namun untuk menstimulus pembungaan.

Supaya buah nangka alhasil bagus & besar, lakukan penjarangan buah. Buah yang mulai membesar bungkuslah dengan kantong/kertas semen yg telah dicelupakan ke dalam larutan insektisida. Perbuatan ini bisa menghambat serangan tikus atau kelelawar, & mempesona semut yg bisa mengusir serangga lain sehingga didapatkan buah yg kulitnya mulus & cemerlang.

8. Panen Nangka

Menurut kami Jasa Tukang Taman lamongan, Benih buah nangka hasil okulasi akan mewujudkan buah pada usia 3-4 tahun. Pemanenan dijalankan seandainya buah telah masak yang ditandai dengan timbul bau harum dan juga ukuran duri-duri pada kulit nangka telah mulai membesar. Hasil buah per tahun & per pohon berbagai lazimnya berkisar 8-12 buah / pohon / tahun.

Kematangan buah ditetapkan melewati kriteria sebagai berikut:

  • Kalau buah hal yang demikian dipukul-pukul dengan benda (seumpama punggung pisau) akan berbuyi nyaring. 
  • Perubahan warna kulit buahnya dari hijau pucat ke kuning kehijau-hijauan atau kecoklat-coklatan.
  • Mengeluarkan bau yg khas atau bebauannya harum. 
  • Durinya mulai lunak & jarak satu duri dengan duri lainnya kian lebar
  • Kulit buah kelihatan seperti akan pecah.
  • Bagi para pemula atau orang yang berharap mencoba untuk mengawali membudidayakan tanaman buah nangka.
Ketika ini telah banyak dimaksimalkan benih pohon nangkayang bisa ditanam dalam pot dan juga bisa mewujudkan buah dalam umur tanam sekitar 2 tahun saja. diantaranya benih buah nangka madu dan benih buah nangka mini. Tentunya ini menjadi info bagus bagi para pecinta tanaman, tak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa merasakan pohon nangka yang kencang berbuah.

Demikianlah ulasan mengenai sistem 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah. Semoga isu hal yang demikian semoga bisa menambah wawasan kita dalam membudidayakan tanaman buah nangka.

Demikianlah Ulasan Tulisan Sederhana Kami Tentang 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah

Terima kasih telah bersedia meluangkan waktu untuk membaca artikel kami 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah kali ini, Semoga bermanfaat. Jangan lupa berkunjung lagi pada kesempatan dan postingan artikel berikutnya.

Anda sekarang membaca artikel 8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah dengan alamat link https://lamonganasri.blogspot.com/2018/11/8-tips-cara-agar-buah-nangka-cepat.html

0 Response to "8 Tips Cara Agar Buah Nangka Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel